Widget Membuat Android Lemot?

Widget Membuat Android Lemot dan Lelet?

Minibong - Siapa yang tidak kenal widget, sebuah hiasan cantik yang menggantung di jendela homescreen pengguna android. Selain cantik, kita bisa memodifikasinya sesuka hati. Bahkan untuk update-an baru setiap aplikasi kini menyediakan tambahan widget untuk di pasang.

Seperti yang kita ketahui, widget memegang peranan penting dalam melakukan tugasnya sebagai pintasan dari berbagai macam aplikasi. Misalnya saja jam, kalender, pemutar musik, cuaca, e-mail, dan masih banyak lagi. Sangat memudahkan namun tetap indah.

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang salah dengan widget. Lalu dari segi manakah widget membuat android lemot? Dan ini adalah pengalaman beberapa Developer Android yang bisa menjadi acuan.

1. Kebanyakan widget tidak mengkonsumsi [atau mungkin sedikit] daya prosesor ketika tidak terlihat, dalam artian ketika layar android mati atau ketika tidak di layar utama / homescreen.

2. Tapi beberapa widget nakal akan terus dan terus mengkonsumsi daya prosesor walau layar android dalam keadaan mati dan terkunci. Ini terjadi karena kinerja widget yang memang di atur agar terus berjalan dan juga si pembuat widgetnya yang memang sengaja memasang kode ke program widget agar terus berjalan.

Jadi ketika widget terus memainkan perannya dan tidak pernah berhenti, saat itulah kinerja prosesor android akan terus berjalan. Jika kasus seperti ini terjadi, tidak hanya membuat android lemot tetapi juga akan berakibat kepada konsumsi baterai yang menjadi lebih boros. Tidak heran jika beberapa pengguna mengalami lemot pada androidnya.

Sebagai catatan, penggunaan widget tidaklah serta merta memberikan efek buruk. Karena widget memang penting untuk membantu pengoprasian android. Hanya saja jangan menggunakan terlalu banyak widget pada layar utama android anda, karena akan memberatkan kinerja prosesor dan menjadikannya lemot. Penggunaan widget yang berlebihan juga berdampak pada kesehatan android anda.

Cukup gunakan beberapa widget yang memang sering anda gunakan dan hapus yang menurut anda tidak terlalu penting. Dengan begitu kinerja android anda akan menjadi lebih ringan, ram menjadi lebih lega, dan menghemat penggunaan baterai. Sebagai tambahan, tutuplah selalu aplikasi yang baru anda buka, agar tidak meninggalkan background process atau aplikasi yang berjalan karena dapat membuat android lemot dan boros mengkonsumsi baterai.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Untuk pertanyaan, kritik dan saran silahkan di kotak komentar.

Postingan terkait: