Gambar Artikel Blog Tidak Muncul Atau Hilang

Gambar Artikel Blog Tidak Muncul Atau Hilang

Minibong - Berikut saya berbagi sedikit pengalaman tentang Blog dan Pengguna Blog. Saya pernah menagalami kehilangan gambar atau tidak munculnya gambar setelah saya mem-posting sebuah artikel, tidak hanya sekali bahkan sudah beberapa kali. Orang lebih mengenalnya dengan kata "No Thumbnail" atau "No Image".

Tidak hanya pada postingan, hal serupa juga terjadi pada Widget Related Post atau Artikel terkait. Dan memang benar selama saya mendapakan masalah tersebut, ibarat kata Blog kita seakan tidak bermutu karena hilangnya gambar ataupun thumbnail.

Beda Kasus - Beda Sebab - Beda Cara

1. Gambar tidak muncul Setelah mem-Posting Artikel

Penyebab yang saya alami, mungkin tidak sepenuhnya berpengaruh pada anda semua, karena mungkin saja cuma saya atau beberapa yang mengalami ini. Yaitu, disebabkan oleh pengetikan Judul Entri atau Artikel. Jadi masalahnya bukan pada Judul, tetapi cara pengetikannya, sebagai contoh dari penglaman saya:

Pengetikan Yang Salah:
BBM Blackberry Nyangkut Di "Menyetel BBM"

Pengetikan Yang Benar:
BBM Blackberry Nyangkut Di Menyetel BBM

Ya benar, penyebab kehilangan gambar setelah mem-posting artikel hanya karena masalah sepele, yaitu terdapat tanda kutip (") pada Judul Artikel. Dan sebaiknya anda tidak menggunakan tanda baca pada Judul Entri.

Bagaimana jika terlanjur mem-posting artikel yang gambarnya telah hilang? Cukup ubah atau edit judul entri tersebut dan hilangkan tanda kutipnya.

2. Gambar thumbnail tidak muncul pada widget Related Posts atau Artikel Terkait

Untuk kasus yang satu ini, saya juga pernah mengalaminya, yaitu ketika mendengar kabar bahwa Blogger telah mendukung fitur HTTPS, saya pun antusias mengoptimalkan fitur tersebut pada blog. Silahkan lihat juga: Cara Agar Blog Selalu Menjadi HTTPS

Tidak terdapat masalah pada saat saya menerapkan tips di atas, permasalahannya ketika saya mulai melihat source dari gambar postingan saya. Ternyata alat upload gambar untuk membuat postingan ternyata masih menggunakan http. Lalu saya pun berinisiatif untuk menggunakan jasa Google Picasa yang mana setiap gambar yang kita upload ketika membuat postingan akan secara otomatis tersimpan disana. Pilihan saya itu terpaut karena sudah otomatis google picasa menggunakan https, dan tinggal mengedit gambar postingan dan merubahnya melalui link google picasa.

Saya puas ketika itu, karena blog saya sudah ibarat Facebook-lah mungkin hehe. Jangan di ambil hati ya gan. Ketika mengecek sih semua lancar, tetapi setelah melihat widget Artikel Terkait yang berada di bawah postingan ternyata semuanya No Thumbnail.

Jadi terpaksa saya harus mengubah kembali gambar tersebut seperti sebelumnya (default uploading tools). Dan gambar pada Artikel Terkait pun muncul kembali. Semoga pihak Blogger akan memperbaiki kembali fitur HTTPS di Blog sehingga menjadi Default.

Semoga bermanfaat ya. Untuk pertanyaan silahkan isi pada kotak komentar.

Postingan terkait: