Cara Mudah Membuat Sitemap Otomatis di Blog

Minibong - Cara Mudah Membuat Sitemap Otomatis di Blog

Minibong - Sebelumnya minibong mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 (bagi yang merayakan tentunya). Berikut minibong akan membuat tutorial mudah membuat sebuah sitemap di blog. Seperti yang kita ketahui Sitemap atau Daftar Isi mempunyai peranan penting dalam dunia blogger.

Apakah memiliki sitemap di blog menjadikan blog itu SEO?

Pakar SEO seluruh dunia pun telah sepakat dengan kemungkinan adanya kemudahan bagi pengunjung jika di blog terdapat sitemap yang bisa di akses dengan mudah. Dan ingat, jika pengunjung blog senang, maka tidak menutup kemungkinan pengunjung akan kembali, kembali, dan kembali lagi ke Blog kita.

Bikin sitemap susah gak? Terus sitemap yang bagus yang seperti apa?

Jawabannya tentu saja tidak, walau di luar sana sudah banyak contoh-contoh sitemap yang memang membingungkan. Sitemap yang bagus untuk blog itu sendiri dinilai dari kerapian daftarnya, dan kelengkapan dari daftar itu sendiri, seperti label misalnya. Dan ketika ada postingan baru maka terdapat tanda "new".  Anda dapat melihat contohnya pada gambar di atas.

Mau dong sitemap yang kayak di atas.

Oke langsung saja. Sitemap berikut ini sudah otomatis, jadi kalau anda mem-postingkan artikel, maka akan langsung terdaftar di sitemap.

1. Buka blogger dan buat sebuah Laman atau Page baru, dan beri judul Sitemap. Kemudian untuk isinya, silahkan pilih tab "HTML" bukan tab "Compose" ya.

2. Copy kode di bawah ini dan pastekan di tab html tadi:

<script src="//me-sitemap.googlecode.com/files/mysitemap.js" type="text/javascript"></script>
<script src="//minibong.blogspot.co.id/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

3. Silahkan ganti kode minibong.blogspot.co.id dengan alamat blog anda, kemudian Publikasikan. Dan selamat sitemap anda sudah jadi.

Tips SEO

Letakkanlah sitemap tersebut di bagian Menu Navigasi agar memudahkan bagi pengunjung yang ingin melihat daftar isi blog anda. Untuk pertanyaan silahkan komentarnya. Salam minibong.

Postingan terkait: